PERLUKAH MERANTAU KULIAH TINGGI DI KAMPUS TERNAMA DI INDONESIA?

Genta Petra
Mahasiswa Wisuda diambil dari genta.petra.ac.id

 

Tulisan ini saya buat dalam rangka mengutarakan pemahaman saya akan apa yang saya lihat dan saya alami selama 4 tahun lebih ke belakang. Pentingkah kuliah tinggi-tinggi di Indonesia? Jawabannya tidak selalu Iya. Karena jika teman-teman ingin menjadi pemain sepak bola, ngapain kuliah di UI? Teman-teman ingin menjadi musisi, ngapain kuliah akuntansi di STAN?. Akan tetapi, teman-teman, pilihan kuliah “dimana?”bagi saya sebegitu penting, sebegitu penting saya ingin memastikan adik-adik saya kelak mendapat  bangku perguruan tinggi yang layak di Indonesia.

Pertama, bagi saya, kuliah “dimana” ibarat finding the right horseIf you ride the right horse, your road will be a lot safer. Apa maksud perkataan saya yang ini? Universitas/Perguruan tinggi bukan hanya sebuah institusi pendidikan, institusi-institusi tersebut memiliki fasilitas-fasilitas tidak hanya dapat mengembangkan kepintaran kita, tapi  memudahkan jalan hidup kita. Saya ulangi, jalan-hidup-kita. Beberapa institusi pemerintah/perusahaan mensyaratkan bahwa dalam rekrutmen tahap seleksi dokumen adalah calon/kandidat yang berasal dari PTN/PTS yang terakreditasi. Mulai disini, jalan teman-teman dalam urusan mencari pekerjaan sudah terbantukan dengan nama besar dan akreditasi PTN/PTS teman-teman.

Fasilitas kedua adalah teman-teman terhubung dengan jejaring yang luas. Dimulai dari masa kampus, kolega kampus teman-teman adalah juga orang-orang terbaik yang berasal dari berbagai latar belakang dan tempat, sama seperti anda. Jejaring ini adalah suatu kesempatan yang baik untuk teman-teman mengembangkan kapasitas diri, dari softskill, hardskill, dan kemampuan lain yang dibutuhkan di dunia pasca kampus. Ikutlah organisasi mahasiswa, kegiatan ekstrakurikuler, organisasi pengembangan kompetensi jurusan, bahkan, teman-teman bisa ikut lomba ke luar negeri sambil jalan-jalan! Emang ada? Ada! Banyak? Banyak!

Ketiga, teman-teman terhubung dengan berbagai fasilitas yang dimiliki kampus ternama tersebut. Sudah hukum umum, best schools have best facilities. Perpustakaan dengan referensi yang luas, internet kampus yang kenceng, ruang belajar terbuka, akses jurnal internasional secara gratis, dan lain-lain. Karena pada faktanya, tidak semua kampus memiliki fasilitas yang lengkap, penting untuk menela’ah fasilitas kampus yang dituju sebelum menjatuhkan pilihan kampus dimana. Sejauh ini, semua kampus ternama di Indonesia memiliki fasilitas-fasilitas di atas.

Ketiga, koneksi alumni-alumni kampus yang kuat. Alumni-alumni kampus ternama tersebar di berbagai institusi ternama seperti institusi pemerintahan pusat, ibukota, perusahaan konsultan ternama, kantor akuntan publik ternama, kantor pengacara ternama, dan lain-lain. Kampus biasanya menjaga koneksi yang erat dengan alumninya, hal ini memudahkan jalur informasi dari alumni kepada mahasiswa untuk kesempatan-kesempatan khusus untuk pengembangan diri di dunia kerja yang nyata.

 

Comm Fisip
Foto Mahasiswa berdiskusi, diambil dari commtdevelopment.fisip.ui.ac.id

Haruskah kuliah di Jakarta?

Kata siapa kuliah harus di Jakarta? Jakarta yang saya maksud disini pastinya adalah Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Jakarta. Tidak perlu, jika teman-teman ingin menikmati liburan dan sensasi pemandangan alam yang megah, tidak perlu kuliah di Jakarta, karena sesungguhnya tidak ada suguhan seperti itu di kota Jakarta haha. Saya pribadi tidak mengatakan kuliah harus di Jakarta, tetapi saya menganjurkan. Kota Jakarta adalah ibukota Negara Indonesia. Dengan demikian, pusat pemerintahan, pusat bisnis eksekutif, dan jaringan informasi dan teknologi terpusat di kota ini. Akses inilah yang tidak dimiliki oleh kota-kota lain. Setiap bulan sekali, saya sering menerima e-mail dari lembaga pendidikan dibawah Kedutaan Besar Amerika Serikat tentang ada jadwal Education Fair, Pameran Pendidikan Tinggi dan Beasiswa Kuliah S2 Gratis di Amerika Serikat. Tebak lokasi Edu-Fair-nya selalu dimana? Ya di Jakarta. Belum lagi info-info seminar-seminar seperti LPDP, Beasiswa Cheavening UK, Job-Fair, dan lain-lain sering di selenggarakan di kota Jakarta.

Kedua, kesempatan untuk bekerja di Jakarta. Akses informasi tentang rekrutmen dan lowongan pekerjaan sangat ramai setiap tengah tahunnya, jika beruntung dan teman –teman memiliki modal yang kuat, teman-teman dapat bekerja di kantor-kantor Jakarta dengan kompensasi yang relatif lebih baik dibandingkan kesempatan pekerjaan di kota lain.

 

kastratbemfeub ui
BEM FEUI (2015), diambil dari kastratfebui.wordpress.com

Ketiga, selain akses ke hal-hal yang “serius” di atas. Kota Jakarta jelas adalah juga merupakan pusat hiburan, dari yang halal sampai yang haram (astagifurllahuladziim). Pertandingan sepak bola Tim Nasional Indonesia sering digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), yang akses kesananya hanya membayar 3500 rupiah busway. Konser-konser music Band Internasional, Nasional, dari berbagai Genre seperti Metal, Indie, Rock, Electronic Dance Music, sering di selenggarakan di kota Jakarta. Jika teman-teman penggila movies, berbagai sensasi untuk menikmati film bioskop tersedia oleh bioskop-bioskop yang ada di kota Jakarta. Event-event running dan jogging dilakukan dibawah gedung-gedung skyscrapers bertingkat yang menjulang tinggi, pemandangan tersendiri disamping pemandangan alam. Kuliner tersebar berbagai macam berjejeran. So far to conclude, Jakarta adalah kota yang memberikan kesempatan untuk teman-teman merasakan dunia modern yang ada di dunia ini.

Kembali ke topik, lantas apakah penting untuk kuliah dimana? Buat lebih general, bagi saya kuliah di Pulau Jawa itu penting. Lantas perlukah di kampus ternama? Jawaban saya Iya. Mereka (re: kampus ternama) adalah sekelompok Universitas PTN/PTS yang sudah berada dalam piramida yang tinggi, ibarat ke puncak gunung, jika berkesempatan belajar di bangku tersebut, teman-teman berada pada battle field yang lebih tinggi, selanjutnya hanya perlu usaha keras, rajin berdoa, dan jaga IPK-nya hahaha— agar tetap menjadi yang terbaik, di kampus-kampus terbaik. You got it, right?

Percayalah, kuliah merantau tidak menyedihkan di lagu-lagu klasik itu, kami juga tahu bagaimana caranya menyedap Sop Buntut Hotel Borobudur yang terkenal lezat se-Indonesia itu! Tidak hanya saya, saya yakin, kuliah merantau mematangkan karakter karena situasi jauh dari orang terdekat.

 

Muhammad Mulyawan Tuankotta, S.E

Alumni Universitas Indonesia, Angkatan 2011.

Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan, 23 Februari 2016

Pukul 09:10

Advertisements

One thought on “PERLUKAH MERANTAU KULIAH TINGGI DI KAMPUS TERNAMA DI INDONESIA?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s