2 Pelajaran dari Perjalanan ke Desa Pangalengan, Bandung (22/12’16 – 23/12’16)

Hari kamis dan jumat tanggal 22-23 Desember kemarin,  saya mengunjungi daerah Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat dalam rangka tugas dinas. Kalau dalam peta, lokasi koordinatnya seperti dibawah ini:

4947
Cukup jauh bukan? 😉

Saya mengunjungi sebuah kompleks budidaya bibit kentang. Perjalanan dari kota Jakarta ke Pangalengan menempuh waktu sekitar 6 jam perjalanan, jarak tempuh dari kota Bandung sendiri 2 jam perjalanan. Pangalengan adalah daerah dengan latar puncak yang sejuk, walau disiang hari cukup terik namun udara yang berhembus cukup adem membuat suasana puncak semakin meresap. Saya jadi ingat 2 tahun lalu terlibat dalam acara bakti sosial kampus, Desa Sadengkolot. Bogor, sangat nostalgia.  #ah-yasudahlah~

Kawasan pertanian ini memiliki produk akhir yaitu bibit kentang, bibit kentang tersebut akan di-distribusikan ke Petani mitra agar ditanam kembali untuk menjadi kentang yang selama ini kita lihat/beli di pasar. Nah, namun karena ini kompleks milik klien saya, maka kentang tersebut dipakai sebagia bahan baku untuk membuat produk konsumen.*but let’s not get into that

Kawasan  tersebut memiliki pekerja-pekerja yang berasal dari masyarakat Pangalengan sendiri. Tua dan muda, laki dan perempuan. Ada yang bekerja di bagian pembuatan pupuk dan kokopit (kokopit adalah semacam serat dari buah kelapa), nah disini umumnya ibu-ibu dengan taksiran umur 40-50 tahun, yang kurang bisa bahasa Indonesia (pengalaman ketika saya ajak bicara) sementara kawula mudanya (taksiran umur 17-30 tahun) bekerja di bagian budidaya tanaman dan penyimpanan bibit kentang.

Masyarakat yang santun

Sewaktu melakukan tugas, saya perlu mengurai bagaimana proses bisnis di kawasan ini untuk menghasilkan bibit kentang yang berkualitas ke petani, terkadang pertanyaan-pertanyaan saya cukup menyita waktu mereka. Namun, saya merasa terbantu dengan setiap orang yang saya interview, dari tutur katanya, bahasa tubuhnya, tindakannya, senyumnya,  sangat sopan dan santun. Seperti ada sinar ketulusan yang nampak setiap kali mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan saya.

Sewaktu sholat Jumat, selesai sholat tahiyatul masjid, saya menjabat tangan salah satu makmum yang duduk disamping saya, masih muda, sekitar umur-an anak SMP, maksud hati menjabat tangan, eh tangan saya juga dicium. Kaget refleks saya menarikkan tangan saya, merasa tidak perlu sampai tangan saya di-cium. Rupanya ini merupakan bentuk tata krama yang dipegang anak muda tersebut. Mungkin sikap sopan dan santun mereka baik dalam hati, tutur, dan tindakan sudah dibangun sejak waktu masih kecil di desa Pangalengan.

Pekerja Keras

Saya melihat anak muda, lebih muda dari saya, sudah bekerja untuk menafkahi dirinya. Pekerjaannya dilakukan dengan sungguh-sungguh, saya diantar untuk mengelilingi setiap bagian bisnis dan dijelaskan dengan detail prosesnya. Bagi saya, pekerjaan yang mulia adalah  pekerjaan yang lurus (halal) dan dilakukan dengan profesional. Kerja keras mereka membuat saya senantiasa bersyukur dan lebih terpacu, bahwa setiap orang juga bekerja, it’s not just you, buddy, who work all night, terkadang memang lelah, tetapi kerja adalah bagian hidup yang harus terus berjalan diiringi keikhlasan.

“If you want it all, you need to put it into work”. -Cornell Stokes, Luke Cage, Episode 2, Season 1, Marvel Netflix ABC.

 

Saya kembali ke Jakarta dengan mata hati yang penuh kesan. Jika dihari baik nanti, saya ingin mampir lagi kesana, sekedar cerita-cerita dan bercengkrama, menjauhi hiruk-pikuk kota Jakarta yang penuh nafas materialistis yang pekat. Desa Pangalengan, it was a sanctuary.

 

Leave a Reply

